Sponsors

Jumat, 27 Agustus 2010

LG Segera Produksi Masal Kertas Elektronik Fleksibel 19 inci !

Image and video hosting by TinyPic
LG pada awal tahun sempat memamerkan prototipe kertas elektronik berwarna 9.7 inci dan kertas elektronik fleksibel berukuran 19 inci. Kini kedua jenis kertas elektronik yang terus dikembangkan tersebut akan diproduksi masal dan diusahakan tersedia dalam waktu dekat pada akhir 2010 mendatang. Era koran dan majalah dari kertas secara fisik sepertinya akan berakhir bila teknologi ini telah diterapkan secara luas. Sebab kertas elektronik ini hanya memiliki ketebalan 0.3mm dan dapt ditekuk layaknya kertas biasa. Tentu juga akan menghemat lingkungan dengan menghilangkan kebutuhan bahan baku kertas fisik.

LG mengharapkan kertas elektronik ini akan digunakan diperangkat elektronik seperti e-reader atau tablet di masa depan. LG telah banyak menghasilkan layar berteknologi tinggi seperti layar LCD IPS yang digunakan pada iPad dan iPhone 4, kertas elektronik 9.7 inci yang digunakan pada e-reader Amazon Kindle DX. Sangat mungkin kertas elektronik 19 inci ini digunakan pada e-reader yang memiliki ukuran sebesar koran pada umumnya.

Selain LG, beberapa perusahaan lain yang tengah mengembangkan teknologi kertas elektronik (e-paper) lebih lanjut adalah Samsung dan Fujitsu. Tampaknya persaingan di kancah ini akan semakin ketat, dan siapkah dunia pers dan media Indonesia untuk menerapkan teknologi ini dalam beberapa tahun kedepan?

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

0 komentar:

Posting Komentar