Sponsors

Jumat, 27 Januari 2012

Sesuatu yang Menarik Untukku - Gunpla

Kreativitas seseorang memang bisa ditumbuhkan dengan berbagai cara. Jika ingin belajar kreativitas dan mengembangkannya, Gunpla bisa menjadi pilihan. Bagi yang belum tahu apa itu Gunpla, nah Gunpla itu kepanjangan dari Gundam Plastic Model. 

Gundam sudah banyak dikenal oleh masyarakat terutama bagi mereka pecinta Anime Jepang. Gunpla adalah sebutan bagi mainan robot yang diciptakan oleh Yoshiyuki Tomino, kreator anime Mobile dari Jepang. Pada awalnya Gundam dibuat dalam bentuk anime yaitu animasi dalam gaya Jepang yang diputar pada stasiun televisi.

Untuk merakit Gunpla, harus melalui beberapa tahapan sesuai dengan skalanya:
EG - Entry Grade 1/144
SD - Super Deformed
HG - High Grade 1/144
RG - Real Grade 1/144
MG - Master Grade 1/100
MS - Mega Size 1/48
PG - Perfect Grade 1/60
Skala-skala itu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tentunya, cara membuatnya-pun beragam dan butuh waktu yang cukup extra mulai dari 1 jam sampai lebih dari 3 hari.

Untuk mengerjakannya memang agak rumit. Selain harus memiliki modelnya, merakit Gunpla membutuhkan ketelitian yang tinggi sesuai tingkat kesulitannya masing-masing.

Untuk merakit Gunpla, kita harus mempunyai runner yaitu kumpulan part dalam salah satu bagian dalam robot / mobile suit yang akan kita rakit. Selanjutnya, runner itu dipotong sesuai dengan potongan part tersebut. Selesai memotong, masing-masing potongan itu kemudian dipasang hingga membentuk bagian tubuh robot sesuai dengan model kit yang kita inginkan. Misalnya membentuk kaki, tangan, senjata, dan sebagainya. Barulah bagian-bagian itu kita rakit menjadi satu sehingga membentuk robot / mobile suit yang kita inginkan.

Ternyata, banyak juga karakter dari Gundam ini. Bukan hanya mainan anak-anak saja tetapi Gundam kini lebih banyak dijadikan sebagai koleksi. Harganya-pun beragam, semakin tinggi tingkatannya dan semakin banyak kelengkapan aksesorisnya, semakin mahal harganya. mulai dari 89.000 hingga lebih dari 2.000.000. dan biasanya Gunpla didapat dengan cara membeli online dari Jepang atau Impor langsung dari Jepang.

Nah, sangat mengasyikkan bukan merakit Gunpla ini. Apalagi dibutuhkan ketelitian, kreativitas, dan ketekunan dalam proses pembuatannya. Selain itu, merakit Gunpla juga bisa melatih kesabaran, karena untuk membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, ada beberapa Gunpla yang harus dibuat lebih dari 3 hari. Wow!! tapi bisa dipastikan seru dan mengasyikkan. Kalian harus mencobanya. Selamat Mencoba....!!!

Nah, ini beberapa koleksi Gunpla yang saya punya >> For Box:

Box - HG 1/144 Zedas

Box - HG 1/144 Gundam AGE-1 Normal

Box - HG 1/144 Harute Gundam

Box - MG 1/100 00 Qan[T]

Box - RG 1/144 Freedom Gundam

Box - HG 1/144 Aile Strike Gundam


Gunpla:
HG 1/144 Harute Gundam

HG 1/144 Harute Gundam (Flight Mode)

MG 1/100 00 Qan[T]

HG 1/144 Dynames Gundam

HG 1/144 Zedas

HG 1/144 Zedas (Flight Mode)

SD - Cao Cao

RG 1/144 Freedom Gundam

RG 1/144 Freedom Gundam  

HG Aile Strike dan RG Freedom

HG Zedas vs HG Gundam AGE-1 Normal

HG 1/144 Gundam AGE-1 Normal







0 komentar:

Posting Komentar