Sponsors

Selasa, 29 Juni 2010

Biaya Komponen iPhone 4 Hanya Senilai $187.5

iPhone 4 yang merupakan salah satu smartphone tercanggih saat ini diperkirakan memiliki material dan spare part dengan total biaya hanya $187.5 atau sekitar 1.7 jt. Peneliti industri elektronik, isuppli, mengatakan bahwa Iphone 4 16GB yang mulai dijual pada tanggal 24 juni 2010 lalu memiliki komponen total tidak lebih dari $190.
Layar dengan julukan "Retina display" merupakan bagian yang termahal dari seluruh komponen. Harga untuk sebuah layar 3.5 inci retina display keluaran pabrikan LG tersebut (kode komponen : 034220:KS) diperkirakan dibeli dengan harga $28.5.
Selain perhitungan modal komponen, analisa juga melibatkan perkiraan profit atau keuntungan dari hasil penjualan Iphone 4 ini. Dengan adanya komponen yang cukup murah, tentu saja keuntungan Apple terbilang sangat besar, terbukti Apple mendapatkan keuntungan sebesar 40% tahun lalu, tentunya profit tersebut sudah dipotong biaya alias keuntungan bersih.
Sedangkan untuk prosesor A4 besutan dari Samsung Electronic, Apple diperkirakan membelinya dengan harga sekitar $10.75. Chip Gyroscope yang merupakan sensor yang di optimalkan untuk Gaming diperkirakan dengan modal $2.6, selebihnya seperti accelerometer chip dengan harga perkiraan 65¢. Keduanya di suplai oleh STMicroelectronic.
Bagian yang melapisi kaca dari Iphone 4 ini di produksi oleh 2 perusahaan, yaitu Wintek perusahaan asal Taiwan dan TPK-Balda perusahaan asal Jerman yang berbasis di China. Komponen lainnya seperti bagian Wifi, GPS dan Bluetooth di suplai oleh Broadcom yang menggantikan posisi supplier chip nirkabel, Infineon Technology pada perangkat Iphone terdahulu.
Pada tahun 2009, iSuppli memperkirakan harga modal dari Iphone 3GS sebesar $179 pada saat peluncuran, dan turun menjadi $134 yang disebabkan harga komponen yang turun.
Apabila dibandingkan dengan harga "Unlocked" yang berkisar antara $700 (16GB) dipasaran Amerika dan Eropa, sekilas, Apple mendapatkan keuntungan besar. Namun tidak cukup menghitung modal komponen saja. Apple cukup royal menghabiskan biaya marketing untuk iklan. Belum lagi biaya lain seperti biaya design, biaya paten, biaya produksi, kontribusi untuk operator (AT&T) dan lain-lain

Image and video hosting by TinyPic

0 komentar:

Posting Komentar